liveyourdivinedestiny.com

Informasi Seputar Gaya Hidup

Tips-dan-Trik-Mulai-Gaya-Hidup-Aktif-Untuk-Selalu-Sehat

Berita Terbaru – Bagi sebagian orang, meluangkan waktu untuk berolahraga di tengah kesibukan seringkali cukup merepotkan. Namun, jangan khawatir, karena Anda tetap bisa memiliki tubuh yang sehat dengan menerapkan gaya hidup aktif. Gaya hidup aktif tidak selalu berarti olahraga teratur. Menjalani gaya hidup aktif berarti melakukan banyak aktivitas yang melibatkan gerakan tubuh yang membutuhkan energi. Contohnya saja seperti berjalan kaki, naik turun tangga, atau membersihkan rumah.

Dengan menerapkan gaya hidup aktif, Anda bisa mendapatkan beragam manfaat, antara lain tubuh lebih sehat dan terhindar dari sejumlah penyakit kronis, seperti hipertensi dan stroke. Menerapkan gaya hidup aktif ini faktanya sangat mudah dan menyenangkan. Karena semua kegiatannya termasuk kegiatan yang dilakukan secara rutin setiap hari. Berikut beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk memulai gaya hidup aktif:

1. Naik dan turun tangga

Kegiatan yang pertama yang dapat Anda lakukan untuk menerapkan gaya hidup aktif yaitu adalah naik turun tangga. Biasakan menggunakan tangga daripada eskalator atau lift. Jika kantor Anda berada di lantai yang cukup tinggi, lanjutkan naik lift ke sekitar tiga lantai di bawah, lalu lanjutkan menaiki tangga. Manfaat yang bisa Anda peroleh dari naik turun tangga antara lain memperlancar peredaran darah dan membakar kalori, serta mengencangkan otot dan memperkuat tulang.

2. Berjalan kaki

Anda yang sudah disibukkan dengan aktivitas sehari-hari mungkin bingung harus mulai dari mana gaya hidup aktif. Tidak perlu bingung. Mulailah dengan segera mengaplikasikannya pada aktivitas yang Anda lakukan setiap hari, seperti berjalan kaki. Selain baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, jalan kaki juga bermanfaat untuk membakar kalori, memperkuat tulang, dan mengontrol tekanan darah. Anda bisa memulainya dengan berjalan kaki ke tempat terdekat misalnya pasar, minimarket, atau tempat ibadah.

3. Membersihkan rumah

Meski terkesan sepele, rajin membersihkan rumah juga bisa menjadi cara sederhana untuk membangun kebiasaan aktif. Sebuah penelitian melaporkan bahwa orang yang rutin membersihkan rumah cenderung lebih sehat dan lebih aktif secara fisik dibandingkan dengan orang yang malas membersihkan rumah. Biasakan meluangkan waktu untuk sekedar membersihkan rumah secara ringan namun rutin. Misalnya saja menyapu dan mengepel lantai, membersihkan area dapur sampai menyikat kamar mandi. Walaupun mungkin sudah ada pembantu rumah tangga, setidaknya anda ikut membersihkan secara ringan.

Tips untuk Mendukung Gaya Hidup Aktif

Gaya hidup aktif juga perlu didukung dengan gaya hidup sehat. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan sehat yang perlu Anda lakukan untuk mendukung gaya hidup aktif:

Kurangi asupan gula

Agar Anda menjalani gaya hidup aktif yang memberikan hasil optimal, mulailah mengurangi asupan gula Anda. Anda tidak harus terlalu ekstrim, tetapi mulailah secara bertahap. Kurangi gula sedikit demi sedikit, hingga Anda terbiasa mengonsumsi makanan atau minuman tanpa tambahan gula sama sekali.

Dapatkan cukup cairan tubuh

Selama Anda menerapkan gaya hidup aktif, lebih mudah bagi Anda untuk kehilangan cairan, baik melalui napas maupun keringat. Oleh karena itu, penting untuk selalu menjaga Anda tetap terhidrasi. Minum setidaknya 8 gelas air sehari. Jika Anda banyak berkeringat, pilih minuman ionik rendah kalori untuk menggantikan cairan dan elektrolit yang keluar dari tubuh Anda.

Istirahat yang cukup

Gaya hidup aktif tentu saja perlu diimbangi dengan istirahat yang cukup. Karena ketika istirahat, tubuh akan memulihkan dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Oleh karena itu pastikan kebutuhan istirahat dan tidur Anda terpenuh, minimal 8 jam sehari. Biasakan pula untuk tidur teratur yaitu dengan cara tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.

Dari beberapa cara sederhana melakukan gaya hidup aktif di atas, mungkin naik turun tangga menjadi pilihan yang tepat bagi Anda dengan aktivitas padat setiap hari. Selain bisa dilakukan dimana saja, kebiasaan naik turun tangga juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh, mulai dari mengurangi risiko stroke, mengontrol kadar gula darah, dan menjaga kesehatan otak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *